Friday, November 22, 2013

Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Kabupaten Tanjung Jabung Timur  terbentuk berdasarkan undang-undang No.54 Tahun 1999 undang-undang No.14 Tahun 2000 dengan luas 5.445 km2 atau 10,2% dari luas wilayah Provinsi Jambi, namun sejalan dengan berlakunya undang-undang No.27 Tahun 2007 tentang pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, luas wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur termasuk perairan dan 30 pulau kecil (termasuk pulau Berhala, 11 diantaranya belum bernama) menjadi 13.102,25 km2. Disamping itu memilik panjang pantai sekitar 191 km atau 90,5% dari panjang pantai Provinsi Jambi.
Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang terletak di pantai timur Sumatera ini berbatasan langsung dengan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dan merupakan daerah Hinterland Segitiga pertumbuhan ekonomi Singapura-Batam-Johor (SIBAJO). Wilayah perairan Kabupaten ini merupakan bagian alur pelayaran kapal nasional dan internasional (ALKI I) dari utara keselatan atau sebaliknya, sehingga dari sisi geografis daerah ini sangat potensial untuk berkembang.

Lambang Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Lambang Kabupaten Tanjung Jabung Timur
Semboyan Kabupaten Tanjung Jabung Timur adalah  " Sepucuk Nipah Serumpun Nibung " yang berarti :
Sepucuk Nipah  : melambangkan antara Pemerintah, Lembaga adat dan Legislatif yang senantiasa mengayomi masyarakat.
Serumpun Nibung  : melambangkan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur terdiri dari berbagai etnis (suku) namun mereka tetap bersatu dalam membangun Kabupaten Tanjung Jabung Timur. 
Nipah                     : sejenis tumbuh-tumbuhan yang banyak terdapat dipinggiran sungai di Kabupaten Tanjung Jabung Timur sebagian besar dipergunakan untuk atap rumah.
Nibung                   : sejenis tumbuh-tumbuhan yang banyak terdapat di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dapat dipergunakan untuk tongkat atau tiang, lantai dan dinding rumah.

Kondisi Geografi & Topografi 

Gbr. Peta Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Kabupaten Tanjung Jabung Timur secara geografis terletak pada 0'53' - 1'41' LS dan 103'23 - 104'31 BT dengan luas 5.445 km2 dengan ketinggian Ibukota-Ibukota Kecamatan dalam Kabupaten Tanjung Jabung Timur berkisar antara 1-5 m dpl. Kabupaten Tanjung Jabung Timur mempunyai batas - batas wilayah sebagai berikut :
- Sebelah Utara    : berbatasan dengan laut cina selatan.
- Sebelah Selatan : berbatasan dengan Kab. Muaro Jambi dan Prov. Sumatera selatan.
- Sebelah Barat    : berbatasan dengan Kab. Tanjung Jabung Barat dan Kab. Ma. Jambi.
- Sebelah Timur   : berbatasan dengan laut cina selatan.

Secara administratif Kabupaten Tanjung Jabung Timur dengan ibukota Muara Sabak terdiri dari 11 Kecamatan 73 Desa dan 20 Kelurahan. Adapun nama-nama Kecamatan (Kec.) dalam Kabupaten Tanjung Jabung Timur adalah sebagai berikut : 
1.   Kec. Muara Sabak Timur, ibukotanya Muara Sabak Ilir.
2.   Kec. Muara Sabak Barat, ibukotanya Nibung Putih.
3.   Kec. Kuala Jambi, ibukotanya Kampung Laut.
4.   Kec. Dendang, ibukotanya Rantau Indah.
5.   Kec. Mendahara, ibukotanya Mendahara Ilir.
6.   Kec. Mendahara Ulu, ibukotanya Pematang Rahim.
7.   Kec. Geragai, ibukotanya Pandan Jaya.
8.   Kec. Rantau Rasau, ibukotanya Bandar Jaya.
9.   Kec. Berbak, ibukotanya Simpang.
10. Kec. Nipah Panjang, ibukotanya Nipah Panjang II.
11. Kec. Sadu, ibukotanya Sungai Lokan.

Seperti halnya daerah - daerah lain di Provinsi Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur memiliki Iklim yang cukup baik serta curah hujan yang cukup tinggi. Tetapi bila musim kemarau tiba, Kabupaten Tanjung Jabung Timur termasuk daerah yang rawan kebakaran. Hal ini disebabkan karena daerah ini bertanah rawa gambut dan sebagian besar tanaman yang ada adalah tanaman kelapa sawit. Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang sebagian secara topografi, seluruh kawasan mempunya kelerengan antara 0-3 % (datar). Kawasan ini dapat dikembangkan sebagai kawasan pertanian dengan syarat input drainase, yang berfungsi juga sebagai saluran irigasi karena adanya pengaruh arus pasang.

Potensi Pariwisata
Pada tahun 2012 tercatat Kabupaten Tanjung Jabung Timur memilik 10 objek wisata yang terdiri atas 6 objek wisata alam dan 4 objek wisata budaya/sejarah. Diantaranya adalah : Taman Nasional Berbak, Cagar Alam Hutan Bakau Pantai Timur, Pulau Berhala, Makam Rangkayo Hitam, Sumber Mata Air Panas, Potensi Pulau Tanpa Nama.
Wisata bahari di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur terdiri dari kawasan koridor Pantai Kuala Jambi yang dikenal oleh para pelaut dengan nama Ambang Luar yang merupakan salah satu pintu gerbang masuk ke Provinsi Jambi melalui laut, kawasan wisata laut air hitam, kawasan pantai alang-alang dan sungai ular, dan kawasan gugusan karang atol pulau berhala. Sebagai pintu gerbang ekonomi Provinsi Jambi, kawasan koridor pantai kuala jambi ini merupakan lokasi memancing yang sangat menarik.

No comments:

Post a Comment