Monday, March 24, 2014

Yogyakarta

Profil Daerah : Yogyakarta adalah sebuah daerah istimewa yang otonom setingkat provinsi yang terletak dibagian selatan tengah Pulau Jawa, Indonesia. Daerah Yogyakarta ini merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Selain itu, potensi alam dan cagar budaya yang dimiliki daerah Yogyakarta menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata andalan Indonesia setelah Provinsi Bali.

Logo Provinsi D.I.Yogyakarta
Arti Logo :
  • Landasan Idiil Pancasila, digambarkan dengan bintang emas bersegi lima (Ketuhanan Yang Maha Esa), tugu dan sayap mengembang (Kemanusiaan yang adil dan beradab), bulat-bulatan berwarna merah dan putih (Persatuan Indonesia), Ombak, batu, penyangga saka guru/tugu (Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan), Padi-kapas (Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia).
  • 17 bunga kapas, 8 daun kapas dan 45 butir padi adalah Lambang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
  • Bulatan (golong) dan tugu berbentuk silinder (giling) adalah lambang tata kehidupan gotong royong.
  • Nilai-nilai keagaman, pendidikan dan kebudayaan, digambarkan dengan bintang emas bersegi lima dan sekuntum bunya melati di puncak tugu. Bunga melati dan tugu mencapai bintang menggambarkan rasa sosial dengan pendidikan dan kebudayaan luhur serta ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bunga melati yang sering digunakan dalam upacara sakral mengandung nilai seni, budaya dan religius.
  • Warna-warna merah putih yang dominan, serta tugu yang tegak adalah lambang semangat perjuangan dan kepahlawanan tatanan "Mirong" pada hiasan saka guru sebagai hiasan spesifik Yogyakarta, adalah lambang semangat membangun.
  • Sejarah terbentuknya Daerah Istimewa Yogyakarta dilukiskan dengan sayap mengembang berbulu 9 helai dibagian luar dan 8 helai dibagian dalam, menggambarkan peranan Sri Sultan Hangmengkubuwono IX dan Sri Paku Alam VIII, yang pada tanggal 5 september 1945 mengeluarkan amanatnya untuk menggabungkan daerah Kesultanan Yogyakarta dan Kadipaten Pakualam menjadi Daerah Istimewa Jogjakarta.
  • Warna hijau tua dan hijau muda adalah lambang keadaan alam Daerah Istimewa Jogyakarta dilukiskan dengan karena ada bagian ngarai yang subur dan ada daerah perbukitan yang kering.
  • Candrasengkala/Suryasengkala terbaca dalam huruf Jawa adalah lambang rasa suka Ngesthi Praja, Yogyakarta Trus Mandhiri, yang artinya dengan berjuang penuh rasa optimisme membangun Daerah Istimewa Jogjakarta untuk tegak selama-lamanya : rasa (6) suka (7) ngesthi (8) praja (1) tahun jawa 1876, Jogja (5) karta (4) trus (9) mandhiri (1) tahun masehi 1945, yaitu tahun de facto berdirinya Daerah Istimewa Jogjakarta.
  • Tugu yang dilingkari dengan padi dan kapas adalah lambang persatuan, adil dan makmur.
  • Ukiran, sungging dan prada yang indah adalah lambang nilai-nilai peradaban yang luhur digambarkan secara menyeluruh berwujud.

Nama Resmi : Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (D.I.Y).

Ibukota : Yogyakarta.

Nama Julukan : Kota Gudeg, Kota Pelajar, Kota Seni dan Budaya.

Luas Wilayah : 3.185,80 km2.

Jumlah Penduduk : 3.876.391 jiwa.

Plat Kendaraan Bermotor : AB.

Kode Area Telepon : 0274.

Suku Bangsa : Jawa, Sunda Parahiyangan, Melayu, Cina, Batak (Tapanuli), Minangkabau, Bali, Madura dan lain-lain.

Agama : Islam, Kristen Protestan, Katholik, Budha, Hindu, dll.

Lagu Daerah : Pitik Tukung, Sinom, Suwe Ora Jamu, Te Kate Dipanah.

Tarian Tradisional : Tari Serimpi Sangupati, Tari Bedaya, Tari Gambir Anom, Tari Merak, Tari Bondan.

Rumah Adat : Rumah Bangsal Kencono, Rumah Joglo.

Senjata Tradisional : Keris.

Makanan Khas : Gudeg.

Alat Musik Tradisional : Gamelan Jawa.

Kesenian Tradisional : Ketoprak, Wayang.

Batas - Batas Wilayah :
  • Sebelah Barat    : Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.
  • Sebelah Timur   : Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.
  • Sebelah Utara    : Provinsi Jawa Tengah.
  • Sebelah Selatan : Samudera Hindia.

Wilayah Administratif : Kab : 4, Kota : 1, Kec : 78, Kel : 46, Desa : 392.
  • Kabupaten Bantul (Bantul).
  • Kabupaten Gunung Kidul (Wonosari).
  • Kabupaten Kulon Progo (Wates).
  • Kabupaten Sleman (Sleman).
  • Kota Yogyakarta.


Bandar Udara (Bandara) :
  • Bandara Internasional Adisutjipto, di Sleman.
  • Bandara Internasional Baru Temon, di Kabupaten Kulon Progo.


Tempat Kunjungan Wisata :
1. Wisata Candi :
  • Candi Prambanan, Candi Hindu tercantik di Dunia.
  • Candi Kalasan, Peninggalan Budha tertua di Yogyakarta.
  • Candi Ratu Boko, Kemegahan di bukit penuh kedamaian.
  • Candi Ijo, rta. Candi yang letaknya tertinggi di Yogyakarta.
  • Candi Abang.
  • Candi Gampingan.
  • Candi Sari.
  • Candi Kedulan.
  • Candi Sambisari.
  • Candi Sorogedug.
  • Candi Kimpulan.
  • Candi Gembirowati.
  • Candi Klodangan.
  • Candi Banyunibo.
  • Candi Morangan.
  • Candi Risan.
  • Candi Palgading.
  • Candi Watu Gudhig.
  • Candi Dawangsari.
  • Candi Miri.
  • Candi Keblak.
  • Candi Gebang.
  • Candi Barong.
  • Candi Pringtali.
  • Situs Mantup.
  • Situs Payak.
  • Situs Mangir.
  • Situs Arca Bugisan.
  • Situs Arca Gupolo.
  • Situs Gua Sentono.
2. Wisata Pantai :
    Area Bantul 1 :
  • Pantai Parangtritis.
  • Pantai Parangkusumo.
  • Pantai Parangendok.
  • Pantai Depok.
    Area Bantul 2 :
  • Pantai Samas.
  • Pantai Pandansari/Patehan.
  • Pantai Goa Cemara.
  • Pantai Kuwaru.
  • Pantai Baru.
  • Pantai Pandansimo.
    Area Gunungkidul 1 :
  • Pantai Baron.
  • Pantai Kukup.
  • Pantai Drini/Pulau Drini.
  • Pantai Watu Kodok.
  • Pantai Sepanjang.
  • Pantai Krakal.
  • Pantai Sadranan.
  • Pantai Sundak.
  • Pantai Indrayanti.
    Area Gunungkidul 2 :
  • Pantai Pok Tunggal.
  • Pantai Sadeng.
  • Pantai Ngetun.
  • Pantai Timang.
  • Pantai Jogan.
  • Pantai Lambor.
  • Pantai Siung.
  • Pantai Wediombo.
  • Pantai Jungwo.
    Area Gunungkidul 3 :
  • Pantai Ngobaran.
  • Pantai Ngerenehan.
  • Pantai Butuh.
  • Pantai Gesing.
  • Pantai Wahkudu.
  • Pantai Grigak.
    Area Kulonprogo :
  • Pantai Glagah.
  • Pantai Congot.
  • Pantai Bugel.
  • Pantai Trisik.
3. Wisata Belanja :
  • Malioboro.
  • Pasar Beringharjo.
  • XT Square.
  • Kasongan.
  • Pasar Seni Gabusan.
  • Pasar Tanaman Hias dan Satwa Pasti.
  • Pasar Klithikan.
  • Ambarukmo Plaza.
  • Galeria Mall.
  • Malioboro Mall.
  • Ramai Mall.
  • Saphir Square.
  • Hartono Lifestyle Mall Jogja.
  • Sahid Yogya Lifestyle City.
  • Jogja City Mall.
4. Goa :
  • Goa Selarong.
  • Gua Rancang Koncono.
  • Gua Cerme.
  • Gua Pindul.
  • Gua Sriti.
  • Gua Langse.
  • Gua Jepang.
  • Gua Sunan Mas.
  • Gua Kiskendo.
  • Gua Maria Jatiningsih.
  • Gua Kebon.
  • Gua Kali Suci.
  • Gua Bribin.
  • Gua Jomblang.
  • Gua Grubug.
  • Gua Seropan.
  • Gua Grubuk.
  • Gua Pari.
  • Gua Rancang.
  • Gua Ngringrong.
  • Gua Mariatritis.
  • Gua Sigolo-golo.
  • Gua Cemplong.
  • Gua Jlamprong.
  • Gua Tapan.
  • Gua Dagang.
  • Gua Sumurup.
  • Gua Ploso.
  • Gua Kesirat.
  • Gua Gebangtinatar.
  • Gua Kaligede.
  • Gua Banyaksongo.
  • Gua Cikal.
  • Gua Gebang.
  • Gua Sodong.
  • Gua Banteng.
  • Gua Ngobaran.
  • Gua Rancangkencono.
  • Gua Nogosari.
  • Gua Dengok.
  • Gua Grengseng.
  • Gua Ngularan.
  • Gua Kedokan.
  • Gua Slisi.
  • Gua Sundak.
  • Gua Toto.
  • Gua Semuluh.
4. Wisata Alam :
  • Wanagama.
  • Kaliadem.
  • Kaliurang.
  • Air Terjun Sri Gethuk.
  • Puncak Suroloyo.
  • Gunung Nglanggeran.
  • Lereng Merapi.
5. Wisata Lain - Lain :
  • Kebun Binatang Gembira Loka.
  • Istana Air Taman Sari.
  • Monumen Jogya Kembali.
  • Museum Keraton Yogyakarta.
  • Museum Sonobudoyo.
  • Pemakaman Imogiri.
  • Kerajinan Kulit Manding Bantul.
  • Taman Pintar Yogyakarta (wisata edukasi tengah kota).

No comments:

Post a Comment