Wednesday, December 4, 2013

Musim Durian


Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas buahnya yang keras dan berlekuk - lekuk tajam sehingga menyerupai duri, sebutan populernya adalah " raja dari segala buah " (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya.

Provinsi Jambi adalah salah satu daerah penghasil durian di Indonesia, durian yang terkenal di Jambi adalah " Durian Selat " yang berasal dari kecamatan Jambi Luar Kota ( Jaluko), Kabupaten Muaro Jambi. Walaupun di beberapa daerah lain dalam Provinsi Jambi juga banyak kita temukan pohon durian, namun durian selat lah yang lebih populer. Durian ini mempunyai ciri khas tersendiri yaitu beraroma harum, manis dan ukuran buah yang tidak terlalu besar.

Saat musim durian, kita akan disuguhkan dengan pemandangan ramainya para pedagang durian di beberapa titik di Kota Jambi, antara lain di pattimura, simpang rimbo, tugu juang, broni, payo selincah, the hok, talang banjar, dan masih banyak lagi. Para pedagang durian ini biasanya akan memajang barang dagangannya di atas trotoar, di pinggir jalan dan di persimpangan jalan. Pemandangan ini dapat kita lihat mulai dari sore hari sampai malam hari, walaupun terkesan sembraut karena ramainya pedagang dan pembeli tidak tertata rapi. Bagi masyarakat Jambi hal ini dapat dimaklumkan mengingat musim durian seperti ini hanya terjadi satu kali dalam setahun.
Memilih dan membeli durian yang matang sempurna memang sangat sulit, apalagi bagi seorang pemula. Terkadang kita merasa tertipu dengan bentuk buah yang segar, aroma yang harum serta ukuran buah yang besar, namun pada saat dibuka /  dibelah ternyata isi durian masih mentah alias tidak matang, rasa hambar, busuk atau bahkan berulat. Untuk itu ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan buah durian matang sempurna sesuai yang kita inginkan.
Berikut ini tips dalam memilih buah durian yang matang :
1. Bentuk Buah :
  •  Bulat : Isinya banyak tetapi biasanya dagingnya tipis.
  •  Lonjong / Oval : Isinya sedikit tetapi biasanya dagingnya tebal
2. Duri Buah :
  • Besar dan jarang - jarang : Daging buah besar dan tebal.
  • Kecil dan rapat - rapat      : Daging buah tipis, kecil tetapi banyak isinya.
3. Berat Buah :
  • Pilihlah durian yang ringan sebab durian yang berat biasanya mentah atau busuk disebabkan banyak mengandung air.
4. Buah digoncang - goncangkan :
  • Jika ada terasa sesuatu yang bergoncang dari dalam, maka daging buah adalah berjenis kering dan ini pertanda bagus.
5. Tepuk atau pukul buah dengan benda tumpul :
  • Jika mengeluarkan suara bergema berarti buah sudah matang sempurna.
6. Tangkai Buah :
  •  Pendek dan besar : Buahnya banyak dan dagingnya tebal.
  •  Panjang dan kurus : buahnya sedikit dan dagingnya tipis.
  •  Jika dicungkil tangkainya dengan kuku jari terlihat kulit bagian dalamnya   kuning berarti warna daging buahnya pun kuning.
7. Aroma Buah :
  • Dengan mencium buah, kita bisa merasakan aroma buah tersebut. Jika aroma harum atau manis maka rasa durian adalah manis. Jika aroma pekat yang memahit maka rasa durian ini agak pahit dan ini yang bagus. Jika tidak mengeluarkan aroma berarti buah durian tersebut masih mentah.
8. Kulit Durian Utuh :
  •  Jangan memilih durian yang sudah terbuka kulitnya, bila sudah terbuka atau menganga berarti durian sudah lempam atau masuk angin dan pasti rasanya hambar.
  • Jangan memilih durian yang terdapat lobang pada kulitnya, itu menandakan ada ulat didalamnya yang berarti buah busuk atau sudah terkontaminasi.
Tips Kesehatan :
  • Jika terkena duri durian pada saat kita ingin membelahnya, oleskan sedikit pada luka tersebut dengan daging buahnya sebab daging buah juga berperan sebagai penawar bisa duri durian. 
  • Jika mabuk karena kebanyakan makan durian, maka isi lah cekungan kulit buahnya dengan air tawar lalu diminum.

Untuk calon pembeli yang berada di Kota Jambi dan sekitarnya, jika hendak membeli durian di pinggir jalan janganlah di siang hari atau sore hari sebab pada jam - jam tersebut harga durian yang mereka jual sedang tinggi - tingginya. Jadi, Saran saya jika ingin membeli durian dengan harga murah cobalah untuk membeli durian pada jam 10 malam ke atas, biasanya pada jam ini pedagang cenderung banting harga yang penting balik modal asalkan mereka bisa pulang tanpa membawa kembali barang dagangannya.
Demikian ulasan singkat ini yang berdasarkan pengalaman pribadi penulis. semoga bermamfaat.

No comments:

Post a Comment